Sabtu, 10 Desember 2011

Cara mencegah keylogger dan mengerjai si usil

keyloggerAkhir-akhir ini banyak kasus yang cukup heboh. Seperti pada kasus penjebolan atm, yang mana cara kerjanya cukup sederhana, tetapi saya tidak membahas masalah tersebut.

Oke lanjut lagi, keylogger biasa disebut sebuah program yang akan menyimpan apapun yang anda ketik. Misalnya anda ingin login ke facebook, yahoo! mail, YM dkk maka otomatis program ini akan menyimpannya kedalam log-file (file jejak) yang akan dibuka oleh si usil (pemasang keylogger).

Bagaimana mengetahui kalo keylogger ini sedang berjalan? ga ada yang pasti tetapi anda harus hati-hati kalo login di internet cafe a.k.a warnet.

Ada dua jenis keylogger, yaitu hardware keylogger dan software keylogger. Untuk mengetahui keylogger yang berbentuk hardware, anda dapat mengetahuinya dengan melihat apakah ada alat khusus yang terhubung pada port usb atau port ps/2 pada komputer yang anda gunakan. Tetapi cara ini tidak menjamin anda dapat dengan mudah mengetahui hardware kelogger. Untuk keylogger berupa software, anda dapat menggunakan software seperti anti-spyware ataupun antivirus, tetapi cara ini tidak akan efektif yang mana kelogger versi terbaru sudah dapat menonaktifkan anti-spyware dan antivirus.

Cara terbaik mencegah keylogger
1. Misalnya anda mau login ke Wordpress, ketik password dan username anda secara acak pada notepad, misalnya yang mana usernamenya putrijan@gmail.com dan passwordnya 2010 maka anda dapat mengetiknya pada notepad seperti : putri2010jan@g.com.mail atau anda dapat mengkombinasikan sesuai selera anda.

2. kemudian copy username dan password anda. Kenapa harus di copy ? keylogger hanya menyimpan ketikan tetapi ada keylogger yang bisa menyimpan screenshoot. trik ini biar keylogger yang mampu menangkap screenshoot akan terkecoh..hwahhaaaa..makan tuh data sampah...



3. paste username dan password yang tadi anda copy ke kotak username terlebih dahulu lalu copy password anda ke kotak password dan perbaiki username anda dengan memotong (cut) kata tersebut (Ctrl+X) dan paste di tempat yang sebenarnya. seperti pada gambar:



4. ingat hal ini akan menjadi sia-sia bila ada sniffer didalam jaringan warnet!!

5. setelah itu login deh...

Mengecohkan Keylogger
sebenarnya tips diatas cukup dapat mengecohkan bagi keylogger dan si usil, tetapi bila ingin lebih baik lagi maka anda dapat mengetik data acak dengan banyak (ketik apa aja di notepad) dan gunakan copas (copy paste) karena agar data anda tidak mudah dicuri. sebagai contoh
dalamhalinipasswordnyaakutidakakanberikanpadakeyloggerputekarijan2010gmail@yahoo.com.makantuhkurapseenaknyamencuripasswordguehwahaaaaaa...yang sebenarnya usernamenya adalah eka2010@gmail.com dan passwordnya putrijan2010...

selamat mencoba
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Terima Kasih Telah Berkunjung - (Ditunggu Komennya)